Jumat, 24 Januari 2014

Materi Kelas 9 Elektromagnetik


Yang ini makasi buat anak Kelompo 2 Fisika Agid, Yolla and Anissa....:)
1. PENGERTIAN
            Magnet dapat dibuat dari arus listrik DC yang dialirkan melalui kawat yang dililitkan pada bahan feromagnetik. Magnet jenis ini dinamakan elektromagnet. Kutub magnet dapat ditentukan dengan kaidah genggaman tangan kanan. Genggaman keempat jari sebagai arah arus, sedangkan ibu jari menunjukkan kutub utara. Arus listrik dapat dimanfaatkan untuk membuat magnet. Untuk membuat magnet yang memanfaatkan arus listrik, diperlukan sumber tegangan DC (baterai atau aki), kabel, dan batang besi atau baja. Jika sebatang baja atau besi dililiti kawat yang dialiri arus listrik searah, baja atau besi tersebut akan menjadi magnet. Magnet yang dibuat dengan cara seperti itu disebut elektromagnet atau magnet listrik.
2. HUKUM OERSTED
        Hans Christian Oersted mengamati keadaan jarum kompas yang didekatkan pada kawat berarus. Jarum kompas akan menyimpang dari kedudukan semula. Oleh karena jarum kompas hanya dapat menyimpang oleh medan magnet, Oersted menyimpulkan bahwa arus listrik pada kawat dan menghasilkan medan magnet.
            Medan magnet digambarkan dengan adanya garis gaya magnet. Pemahaman yang benar mengenai arah garis gaya pada kawat berarus sangat penting. Oleh karena itu, dibuat suatu kaidah penentuan garis gaya magnet yang dihasilkan oleh kawat berarus listrik. Kaidah ini dikenal sebagai kaidah genggaman tangan kanan.
3. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
            Medan magnet yang dihasilkan oleh solenoid berarus listrik dapat diperbesar dengan cara memperbesar arus listrik yang mengalir pada solenoid dan menambah jumlah lilitan serta meletakkan besi lunak kedalam solenoid yang berarus listrik.
4. PEMANFAATAN ELEKTROMAGNET
            Konsep elektromagnet banyak membawa manfat bagi kehidupan manusia. Dengan sifat kemagnetannya yang unik, elektromagnet mempunyai peran yang sangat penting dalam pembuatan alat-alat teknik salah satunya:
1.      Alat Pengangkat Magnetik
Pada bagian depan telah dipelajari cara membuat magnet dengan memanfaatkan arus listrik. Jika inti besi dibengkokkan (berbentuk U), tentu magnet seperti itu mempunyai daya tarik lebih kuat. Inilah yang menjadi prinsip kerja alat pengangkat magnetik. Untuk memperbesar gaya tarik alat, dapat dilakukan dengan cara menambah lilitan dan menambah arus listrik. Dewasa ini alat pengangkat magnetik digunakan untuk memisahkan bahan logam dengan yang bukan logam, misalnya pada tempat pembuangan sampah modern.

5.MENENTUKAN ARAH MEDAN MAGNET
                Arah medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik dapat ditentukan dengan kaidah tangan kanan. Apabila kalian menggenggam kawat dengan tangan kanan sedemikian hingga ibu jari menunjukan arah arus, lipatan keempat jari menunjukkan arah putaran garis gaya magnet.




0 komentar:

Posting Komentar