Rabu, 12 Agustus 2015

Contoh Naskah Drama Teater : Bendera Sang Merah Putih



Judul : Bendera Sang Merah Putih
Tema : Patriotisme
Pemeran
·         Rosyidi Sharul sebagai Kakek
·         Kartika Putri sebagai Marni ( Ibu Riana)
·         Yek Zen sebagai Sukirman ( Ayah Riana)
·         Cici Amalia sebagai Riana
·         Baiq Ressa Puspita sebagai Nami
·         Kaloka Galih sebagai Dilan
·         Rama Satria sebagai Budi
·         M.Kharisma sebagai Toni
Latar
1.      Tempat : SMA Negeri 1 Selong, Rumah Riana
2.      Waktu : Pagi, Siang, Sore, dan Malam
3.      Suasana: Menegangkan, mengharukan, menghibur dll.

Sinopsis
      Riana memiliki seorang Kakek yang dimana kakek ini adalah seorang mantan pejuang 45, Riana beserta keluarganya yang merasa malu terhadap kelakukan si Kakek yang selalu mengistimewakan bendera merah putih akhirnya angkat bicara dan terjadilah percecokan antara kakek dan keluarga Riana. Namun, berkat peristiwa itu, Riana menjadi tersadar akan kerasnya perjuangan sang Kakek dalam merebut merah putih dari penjajah.










BABAK 1
 Segerombol pasukan Belanda berjaga dengan senapan di sisi kiri, dan para pejuang Indonesia dengan berbekal bambu runcing di sebelah kanan panggung. Peristiwa yang memperlihatkan ketika di robeknya bendera biru Belanda yang hanya menyisakan warna merah putih.
Prajurit  1 :“ Rebut merah putih!!!”
Prajurit Indonesia : “ Serbu!!!!!”
Terjadi perang sengit antara indoensia dengan belanda.
Prajurit 2 : “Allahu Akbar !!!”
Warna biru Bendera Belanda dirobek, yang menyisakan sang merah putih.
BABAK 2
Taman SMA Negeri 1 Selong. Riana tengah melamun sambil membolak balik bukunya tak tentu.
Budi : “ Hy I’m MISTER SIMPLE “
Budi : “ Eh Riana, lagi sendirian aja nih, boleh gabung dong “
Riana : “ Silahkan aja”
Nami  dan Dilan : “ Cieeee yang lagi kencan” duduk bersama Riana dan Budi.
Riana : “ Kalian apaan sih, kami cuma ngobrol aja kok”
 Nami : “ Ri....kamu kenapa sih kok kayaknya dari tadi pagi mukamu murung  mulu?”
Dilan :” iya nih kenapa?”
Riana : “ Aku lagi merenung tentang sejarah kemerdekaan Indonesia yang kakek aku ceritakan dulu”
Budi :” Ooo jadi intinya kamu galau karena masa lalu...udalah yang lalu biarkan berlalu aja,mending kayak aku ini happy polevah”
Nami :” Iya Ri...mending kita nonton Anime aja yuk, ada yang baru nih”
Riana: “ Kalian pernah mikir nggak sih, kita para generasi muda yang sekarang ini udah melupakan bangsa kita sendiri? Melupakan, bagaimana perjuangan para pahlawan yang udah berjuang buat ngambilin kita kemerdekaan dari para penjajah? Kalian mikir tidak sih, memangnya kita tau apa tentang bangsa kita? Siapa saja pahwlawan kita? Semua?!”
Nami :” Kalok aku sih taunya Soekarno doang..Bapak Proklamator....yang lain aku mah taunya Sanada Yukimura, Date Masamune yang di Sengoku Bsara gitu aduuuh ganteng nya!!”
Budi :” kalok dipikir-pikir lagi, kamu bener juga sih Ri”
Riana: “ Aku pengen cerita”
Dilan :” tentang apa?”
Riana :” Kejadiannya beberapa hari lalu, kejadian ini yang bikin aku sadar kalau aku ternyata neggak pernah peduli dan ingin tau dan menghargai bangsa ku sendiri”
BABAK 3
Di halaman rumah kakek sedang asyik menyeruput kopi panasnya.
Marni: “ Pak, ini sudah ibu seterika kan Benderamu “
Kakek : “ Terima kasi Mar . O iya Mar, besok tanggal berapa ya?”
Marni: “Tanggal 13 Agustus pak, kenapa? Mau memasang bendera lagi di depan rumah?”
Kakek ;” Iya, kan sebentar lagi 17 Agustus”
Marni : “Aduh Bapakku....sudah berapa kali Marni bilangin pak, jangan masang bendera jauh-jauh hari, masang benderanya pas  17 Agustus nanti aja, malu tau nggak sih sama orang-orang kampung rumah kita selalu aja beda sendiri”
Kakek :” Kamu itu Mar, pendapat orang aja yang di pikirkan, sudah! Pokoknya Bapak mau masang bendera lagi besok, titik”
Marni :” (mendengus kesal) “
Keesokan harinya
 Kakek manaikkan Bendera di depan rumahnya dengan menggunakan sebuah bambu yang berukuran sekitar 5 meter di pagi harinya.
Riana : “ Kek baru selesai menaikkan bendera ya?”
Kakek :” iya cu, kamu rupanya Ton, kapan datang?”
Toni :” Baru saja kek,o iya kakek saya titip salam buat Kakek”
Kakek :” Iya saya terima salamnya”
Ketiganya kemudian duduk di teras dan mengobrol bersama, hingga kemudian hujan pun turun.
Kakek :” Astaga benderaku, sebentar ya cu, kakek mau nurunin bendera dulu, kasihan kalau di biarkan kehujanan”
Toni :” Riana,kakek kamu lucu ya, sayang sama benderanya kayak sayang sama seorang istri saja hahaha”
Riana : “He he.... iya beliau memang orangnya seperti itu”.
BABAK 4
Ruang  keluarga.
Riana :” Ibu kenal Pak Hamid, kakek Toni? Dia juga pejuang angkatan 45. Dulu katanya pernah berjuang bersama kakek. Tapi orangnya sederhana saja ya Bu. Tidak pernah menunjukkan atau memamerkan dirinya kalau dia dulunya seorang  mantan pejuang”
Kakek :” Hamid itu  tentara tapi tidak pernah ikut perang, dia itu tugasnya kan di bagian logistik. Jadi tahu ya cuma makanan saja. Bilang sama Toni, temenmu itu, kalau kakeknya tentara yang takut sama bedil”
Riana: “ Kakek! Apa kakek tidak sadar kelakuan kakek tadi siang itu membuat aku malu sama si Toni. Bendera lusuh kayak gitu aja di perlakukan seperti tuan putri! Toh nantinya  tidak akan kakek bawa sampai kubur”
Kakek : “ ya terserah kakek dong “
Sukirman:”Tapi perkataan Riana ada benarnya juga Pak, Bapak lama-lama memperlakukan bendera seperti memperlakukan benda keramat saja, lebih baik kan Bapak menghabiskan waktu dengan lebih banyak ibadah kepada yang di atas”
Marni:” Yah Mas percuma kamu ngomong sama si Bapak toh dia nggak balakan menderangrkan ucapan kita walaupun kita peringatkan berkali-kali yang ada di pikirannya itu  kan cuma bendera, itu- itu saja”
Sukirman : “ Pak saya juga lama-lama lihat Bapak kok makin tidak terkendali ya memperlakukan Bendera itu, nanti bisa bisa orang sekampung mengira Bapak tidak waras lagi Pak”
Kakek : “ Kamu ngawur ya man, kamu kira pikiranku ini sudah konslet, begitu? Kamu memang tidak pernah ikut berjuang merebut negara dari penajaja, mangkanya kamu ndak bisa merasakan bagaimana rasanya merdeka dari penjajahan. Dulu kami harus mempertaruhkan hidup mati kami demi memerdekakan Bangsa ini, semua kami kerahkan hingga titik darah penghabisan”
Sukirman :” Iya Pak saya ngerti. Kita boleh cinta kepada negara dan bendera, tapi ya jangan sampe berlebihan seperti itu, saya lihat Bapak mulai berlebihan dalam memperlakukan Bendera, saya takut kalau.......”
Kakek :” Kenapa? Kamu takut aku mulai gila begitu? Itu kan yang ada di kepalamu?
Sukirman :” Maaf bukan itu yang saya maksud.Lebih baik sekarang bapak duduk dulu.
Kakek :” Ah apa-apan kamu ini Man!”
Sukirman :”Saya khawatir kalau bapak mulai mengeramatkan bendera, itu kan syirik”
Kakek : “ Loh-loh kamu makin ngawur ngomonya, menuduh aku musyrik. Dengar Man, untuk merebutkan bendera merah putih ini, ndak gampang, banyak temanku yang mati, mati Man, dibunuh sama penjajah. Teman-temanku harus mati karena mereka cuma mau mengibarkan selembar kain merah putih. Kalau aku memperlakukan bendera ini dengan istimewa, bukan berarti aku menganggapnya keramat, apalagi menyembahnya, itu salah besar !!”
Sukirman  :” Lalu kenapa setiap tangga 17 Agustus bapak selalu bersujud kemudian berdoa sambil mendekap bendera?”
Kakek :” Setiap melihat merah putih aku selalu bersyukur kepada Allah karena masih diberi kesempatan untuk mengibarkannya sepuas hatiku tanpa rasa takut harus dibunuh musuh. Demi Allah, untuk bendera juga aku harus membunuh sesama manusia, membunuh saudara-saudaraku sebangsa yang pernah berjuang bersama-sama melawan penjajah, seperti pemberontak RMS, APRA....”
Kakek : “Bahkan tanganku ini harus membunuh pemberontak DI/TII. Padahal mereka adalah saudara-saudara yang sekaidah denganku. Mereka harus kubunuh hanya karena ingin mengganti merah putih dengan bendera mereka...!!  Kalian semua yang ada disini, marni, kasim, dan riana, kalian seharunya berterima kasih....berterimakasih atas perjuangan kami...bukannya malah menunjukkan rasa malu karena aku sering mengibarkan bendera ini, menyayangi bendera ini.  Kalian seharunya malu karena kalian telah melupakan perjuangan para pahlawan kalian yang telah berusaha merebut kemerdekaan untuk Indonesia.”
Kakek : “ Oya aku lupa sesuatu aku lupa kalau kemerdekaan yang telah kami rebut untuk indonesia saat ini telah memudah, kalian semua kerjanya hanya berpoya-poya, yang tua, apa lagi yang muda sudah tidak mau memandang negeri sendiri, yang di taunya hanya negeri orang. Tidak pernah mau memandang atau pun peduli kepada saudara-saudaranya yang tidak seberuntung mereka, Kemana? Kemana? Kemerdekaan yang kami rebut atas nama merah putih? Bukan kalian yang malu, tapi aku yang kecewa”
Kakek ;” Ingat...ingat perkataanku yang satu ini, kemerdekaan yang kalian rasakan saat ini, tak lain dan tak bukan merupakan hasil pengorbanan kami, dan seharusnya yang melanjutkan perjuangan kami adalah KALIAN!!!!”

BABAK 5
Taman sekolah
Merenung....
Budi : “ Aku merinding”
Riana :”  Aku juga jadi tersadar sama kata-kata kakekku”
Nami : “Ternyata pejuang indonesia, lebih hebat dari pada Sanada Yukimura, walaupun kalah ganteng “
Dilan :” Kalau dipikir-pikir, apa yang kakek kamu katakan itu sangatlah benar, kemerdekaan yang kita rasakan sekarang tidak lepas dari pengorbanan para pahlawan kita. Aku jadi malu, aku kan sering bolos kalau lagi upacara bendera, padahal di sanalah kita mestinya menumbuhkan pasa patriotisme kita, dan menghormati bendera merah putih yang di perjuangkan dengan begitu kerasnya.”
Nami: “Kalau begitu, ayo kita janji... Mulai detik ini, kita semua yang ada di sini harus lebih mencintai bangsa kita sebagai penghargaan terhadap perjuangan pejuang kita yang sudah merebut merah putih dan kemerdekaan dari para penjajah”
Budi :” Nam, tumben kata-katamu bijak sekali ?”
Nami : “ Setuju nggak nih ?“
Dilan dan riana :” Setuju!!”
Riana :” Eh sepertinya bapak sudah misscall aku nih, aduh pulsa habis lagi”
Budi :” tenang biar aku yang telepon, mana nonmernya?”
Budi :” halo pak sukirman?
ORANG1:” Sudirman saya, sudirman saya”
Budi :” bu? Bu? Salah sambung maaf”
Riana : “ Halo Assalamualaikum pak, ada apa?
Kasim : “Ri, kamu lagi dimana?”
Riana :” Riana masih di sekolah pak, bentar lagi pulang kok?”
Kasim :” Kamu pulang sekarang ya kakekmu sudah pulang dari rumah sakit,juga ada berita penting, jangan banyak tanya nanti bapak jelasin di rumah”
Riana “ Iya pak”
Riana :” Temen-temen aku harus pulang sekarang, bapakku minta aku buat pulang katanya ada berita penting”
Nami :” Kalau begitu kami ikut ya?”
Riana :” Ya sudah ayo “
BABAK 6
Kakek,ibu, bapak, menunggu dihalaman rumah.
Ibu:” Kamu sudah pulang ri, sini ikut ibu sebentar “
Riana :” Sebenarnya ada berita apa sih bu?kok kayaknya penting sekali”
Marni:” Begini nak, penyakit kakekmu sepertinya sudah tidak bisa di sembuhkan lagi, kata dokter umurnya sudah tidak panjang lagi”
Riana:” Apa bu?”
Kakek :” Riana, marni...ayo kesini. Kalian semua pasti teman sekolah Riana kan?”
SEMUA :” IYA KEK, SAYA BUDI, INI NAMI DAN DISEBELAH SAYA DILAN”
Kakek :” Kakek ingin minta tolong sama kalian. Kallian lihat sendiri kan, kakek sudah....sudah encok. Sebagai mantan pejuang kakek minta pada kalian tolong jaga bangsa ini dengan segenap hati kalian, majukan bangsa ini dengan prestasi-prestasi gemilang kalian, lanjutkanlah perjuangan kami untuk terus menjaga kemerdekaan indonesia. Kan nggak sampe mati juga kalau cuma mau mengibarkan bendera, tidak seperti kami dulu yang harus bertaruh nyawa. Maka dari itu, kakek minta tolong sekali saja kalian kibarkan bendera ini untuk kakek”
Sukirman :” Ayolah nak, turuti saja....ayo...”
Kakek :” Ya Allah...indah aku pandang sang merah putih bendera kami yang berkibar di langitmu. Aku mohon jagalah bendera kami, agar tetap dapat berkibar untuk perjuangan kami dimasa lalu dan untuk kemerdekaan anak cucu kami sekarang maupun di amasa yang akan datang...merdeka”(Berkata dalam hati)
Setelah Sang Merah Putih mencapai puncaknya di langit yang biru, Kakek pergi selama-lamanya dengan rasa hormat pada bendera dan syukur kepada Allah SWT.
HANTU PAHLAWAN : “ Ayo kamu juga adalah seorang pejuang, saatnya engkau bergabung bersama kami, sudah saatnya kita menyerahkan bangsa ini kepada mereka generasi muda bangsa”


SELESAI



                  





39 komentar:

  1. Balasan
    1. itu ciptaan temanku namanya Ressa Gan :)

      Hapus
    2. Tolong dong kasih unsur unsurx drama biar tahu jalan cerita

      Hapus
  2. Top..saya mau ijin buat tak jadikan skenario drama pas acara 17 an di rt.

    BalasHapus
  3. Mohon ijin pake naskah ini ya buat pentas 17-an di desaku @admin. Terima kasih 🙏

    BalasHapus
  4. izin pake juga yaa buat 17an, ceritanya bagus

    BalasHapus
  5. Saya meminta izin untuk memakai naskah ini. Naskah ini akan saya pakai untuk acara 17-an.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Izin menggunakan skenario ini untuk tugas pancasila gan. Terimakasih ��

    BalasHapus
  7. Menggunakan skenario ini dengan banyak perubahan juga.. terimakasih gan 🙏

    BalasHapus
  8. izin menggunakan naskah ini untuk pentas di seklah

    BalasHapus
  9. gan izin untuk pergunakan sekenario ini di acara 17 agustus dan ijin untuk beberapa perubahannya terima kasih :)

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Mohon izin ..saya pakai buat 17san.

    BalasHapus
  12. Minta izin buat 17 an ya kak . terima kasih

    BalasHapus
  13. Izin di filmkan ya. Nanti tk cantumin

    BalasHapus
  14. Izin dipakai untuk lomba 17an di sekolah yaa syukron 😊 karyanya sangat menarik, tapi peran kakek, Sukirman, dilan, budi, dan tomi saya rubah karena sekolah saya dipisah antara putra dan putri jadi yang berperan putri semua 😂 dan maaf ada bagian cerita yang saya kurangi😊

    BalasHapus
  15. kak, minta izin buat drama 17 an di Desa ya kak :)

    BalasHapus
  16. Izin pakai untuk pentas ya naskahnya di 17an RT yaa.. bagus banget. Terima kasih 🙏

    BalasHapus
  17. izin pake naskahnya ya kak
    buat tugas sekolah

    BalasHapus
  18. izin pake naskah nya ya !! buat tugas sekolah nih 😂

    BalasHapus
  19. Nama penulisnya sama penciptanya siapa ya?..mohon di bales buat tugas

    BalasHapus
  20. Belum baca nih hehehe,tapi mau tau ini ada berapa tokoh?

    BalasHapus
  21. Saya mohon izin memakai drama ini untuk pentas seni di sekolah... 🙂🙏

    BalasHapus
  22. Mohon ijin untuk memakai drama ini buat acara 17 agustus 🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus
  23. Ijin aku pake buat drama karangtaruna ya

    BalasHapus
  24. Saya mohon izin menggunakan naskah ini kak

    BalasHapus
  25. saya mohon izin cerita ini ya buat cerita 17 agustus

    BalasHapus
  26. Izin juga ya untuk pents 17an di rt

    BalasHapus
  27. Mohon ijin juga ya min, saya jadikan skenario pentas drama 17an. Agar drama drama ini lebih berharga dan bermanfaatn menumbuhkan lagi semangat pemuda seperti pemuda pemuda dahulu.

    BalasHapus
  28. Admin yang baik,

    Perkenalkan saya Andreas Teguh Prayoga dari Teater Djarum. Saya suka dengan naskah ini dan bermaksud menggunakannya sebagai salah satu pilihan naskah wajib dalam kegiatan Festival Teater Pelajar di Kudus.

    Saya mohon ijinnya, yaa..

    Sekaligus saya minta alamat email penulisnya untuk komunikasi lebih lanjut. Email saya andreas.t.prayoga@djarum.com.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  29. izin mimin ya.. buat bahan
    tugas

    BalasHapus
  30. Kak saya juga mau minta izin untuk memakai naskah ini buat tugas saya, drama ini saya jadikan referensi untuk tugas saya, saya gunakan beberapa part drama dan saya tambahkan beberapa bagian dialog dalam ceritanya. Mohon izin sekali lagi ya, Terimakasih. Naskahnya sangat bagus dan menginspirasi kak

    BalasHapus
  31. Kak mohon izin yaa buat tugas sayaa🙏🙏

    BalasHapus
  32. Kak ijin ,buat tugas Bahasa Indonesia.Terimakasih 🙏

    BalasHapus