Minggu, 09 Agustus 2015

Contoh Teks Prosedur : Penerimaan Calon Peserta Didik Baru



Prosedur Penerimaan Calon Peserta Didik Baru (PPDB)
2015/2016 SMAN 1 SELONG
Tahun ajaran 2015/2016 semakin dekat.Peserta didik kelas 9 ingin melanjutkan pendidikannya kejenang SMA.Terutama kesalah satu SMA terkenal yaitu SMAN 1 Selong.Untuk mengetahui apa saja yang harus disiapkan, calon peserta didik harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.
            Pertama, calon peserta didik baru harus mengumpulkan syarat-syarat pendaftaran.Syarat-syarat tersebut sudah ditentukan oleh pihak SMAN 1 Selong.
            Kedua, calon peserta didik baru mengambil formulir pendaftaran dengan cara langsung atau kolektif. Pendaftran langsung maksudnya peserta didik dapat langsung melakukan pendaftaran di SMA 1 Selong dengan mengisi formulir yang tersedia, sedangkan dengan cara kolektif pihak sekolah masing-masinglah yang mengambilkan formulir pendaftara sesuai jumlah peserta didik yang berminat untuk mendaftar di SMA 1 Selong.
            Ketiga, mereka harus mengisi formulir dan melengkapi persyaratan yang diminta.Persyaratan tersebut ialah:
·         Fotocopi SKHUN sementara yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah SMP masing-masing
·         Fotocopi rapot semester 1 sampai semester 6 dan dilegalisir
·         Tanda bukti lulus yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah SMP
·         Foto berukuran 3x4 sebanyak 3 lembar dan 2x3 sebanyak 2 lembar dan harus berwarna
Keempat, mengumpulkan kembali formulir yang telah diisi serta persyaratan yang telah dipenuhi dan menyerahkannya ke panitia PPDB SMAN 1 Selong.Formulir dan persyaratan ini dijadikan satu lalu kemudian harus dimasukkan ke dalam map. Map tersebut juga akan disiapkan oleh panitian PPDB SMA 1 Selong, dalam map tersebut juga tidak  lupa untuk meletakkan uang pendaftara sebesar Rp30.000.
            Kelima, setelah menyerahkan semua persyaratan tadi peserta didik akan diberikan kartu tanda pendaftaran. Kartu tanda pendaftaran tersebut akan ditukarkan dengan nomor tes peserta. Untuk mengambil kartu tes, peserta didik sendirilah yang harus mengambilnya di panitia, dengan kata lain tidak boleh di wakili. Batas waktu penukaran telah ditentukan dari pukul 15:00 hingga 18:00 p.m. Jika peserta didik tidak datang, maka akan dianggap gugur.
            Keenam, calon peserta didik mengikuti semua jenis tes yang diberikan.Jenis tes yang akan diteskan ada dua yaitu tes tulis dan tes lisan. Tes tulis meliputi semua mata pelajaran UN yang berisi soal-soal sekitaran materi UN, sedangkan untuk tes lisan adalah tes mengaji bagi yang beragama islam.
            Ketujuh, hasil tes akan diumumkan melalui media online, yaitu melalui website SMA 1 Selong . Jumlah peserta didik yang di terima adalag 306 orang, apabila peserta nama peserta didik tersebut masuk kedalam 306 rangking yang terlihat maka peserta didik dianggap telah di terima di SMA 1 Selong, dan di wajibkan untuk melakukan daftar ulang secepatnya. Sedangkan untuk peserta didik yang belum di terima dapat mengambil berkas-berkasnya, biasanya pihat panitia akan menginformasikan kepada peserta didik SMA yang masih membuka pendaftaran untuk calon siswa.

0 komentar:

Posting Komentar