Sabtu, 01 Februari 2014

Macam-macam Pengangguran


Amatilah permasalahan ketenagakerjaan di lingkungan sekitarmu.Misalnya, di lingkunganmu terdapat banyak orang yang menganggur.Deri pengamatanntu,tentukannlah jenis-jenis penganguran dan cara mengatasi pengangguran tersebut!

Jawaban
            Menurut pengamatan yang saya lakukan disini terdapat beberapa jenis pengangguran:

§  Para petani sawah yang bekerja apabila pada musim panen merupakan pengangguran Musiman. Pengangguran musiman terjadi karena adanya perubahan musim.
Cara mencegah:
            Pengangguran musiman dapat diatasi dengan pemberian informasi yang jelas tentang lowongan kerja pada bidang lain  dan melatih seseorang agar memiliki keterampilan untuk dapat bekerja pada masa menunggu musim tertentu.

§  Buruh bangunan yang bekerja di bawah jam normal setiap harinya dan merupakan setengah pengangguran. Setengah pengangguran adalah orang-orang yang bekerja kurang dari jam normal yaitu 35 jam seminggu.
Cara mencegah:
            Setengah pengangguran dapat diatasi dengan menambah lapangan kerja untuk para warga sesuai dengan kemampauan mereka masing- masing.

§  Para warga yang pergi merantau salah satu contoh pengangguran transisional,penggangguran ini timbul karena adanya perpindahan orang-orang dari satu daerah kedaerah yang lain,dari satu perkejaan ke pekerjaan lain dan karena thap hidup yang berbeda.
Cara mencegah:
Pengangguran transisional/friksional dapat di cegah dengan mengusahakan informasi yang lengkap tentang permintaan dan penawaran kerja sehongga proses seleksi dan mengambil keputusan menerima atau tidak.


0 komentar:

Posting Komentar