Sabtu, 01 Februari 2014

Ceramah Maullid Nabi Muhammad SAW

KONSEP ULANG CERAMAH

Oleh: Ustad Zainuddin Badrun
Bissmillahiwabihamdi....
Assalamuallaikum Wr. Wb.
Bapak kepala sekolah SMP Negeri 1 Selong yang kami hormati bapak bapak ibu dewan guru yang juga kami hormati, semoga diberikan kesehatan dan kealfiatan dalam menjalankan tugas pengabdian, anak-anakku siswa dan siswi yang saya cintai dan saya banggakan.
            Allhamduliillah wassyukurillah pertama-tama mari kita memuji kebesaran dan keagungan Allah SWT sebagai salah satu cara kita mensyukuri nikmat yang tiada putus Allah berikan kepada kita terutama sekali nikmat umur, kesehatan, kalfiatan dan masih kuatnya lekatan iman dalam didalam diri kita, kuatnya lekatan iman di dalam hati kita, kita buktikan dengan keinginan kita melakukan permunculan, melakukan ijlimak di hari ini dalam rangka memperingati salah satu peristiwa bersejarah dalam kehidupan manusia didunia, peristiwa itu kita katakan peristiwa bersejarah karena memang itu lah peristiwa yang menyebabkan terjadinya perubahan besar didunia, peristiwa itulah yang menyebabkan terjadinya perubahan besar khususnya yang terjadi pada manusia yang tadinya mereka hanya berfisik manusia tetapi berprilaku seperti bukan manusia.
Apa peristiwa yang bersejarah itu? Kelahiran junjungan alam Nabi besar Muhammad SAW, sudah menjadi maklum bagi kita sekalian bahwa kelahiran junjungan alam Nabi besar Muhammad SAW. Itu terjadi pada hari Senin menjelang subuh, tepatnya tanggal 12 Rabiulawal tahun gajah atau almulfil.
Kenapa tahun kelahiran Nabi itu dikatakan sebagai tahun gajah? Allah SWT menjelaskan dalam surat Al-fil menjelang tahun kelahiran baginda Nabi besar Muhammad SAW , ada seorang raja bernama Abrahah membawa tentara dalam jumlah besar, ingin memasuki kota suci mekah untuk mengahancurkan Ka’bah, Kenapa Abrahah ingin mengancurkan Ka’bah? Karena dia termasuk raja yang iri, kenapa kota mekah ini selalu menjadi pussat perhatian? Kenpa kota mekah itu selalu dikunjungi orang? Karena didalam kota suci mekah itu terdapat suatu termpat yang namanya Masjidil Harom dan di dalam Masjidil Harom itu ada Ka’bah Baitullah. Penyebab ini lah yang ingin dihancurkan oleh Abrahah.
Agar mekah itu tidak lagi menjadi tempat yang menarik, agar mekah itu tidak lagi mejadi tempat yang selalu dikunjungi,akhirnya Abrahah membawa bala tentra, yang menaiki gajah, tetapi sebelum mereka memasuki kota mekah.
وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ ﴿٣﴾ تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ ﴿٤﴾ فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍۭ ﴿٥
Dan demikian lah allah menceritakannya dalam alquran. sebelum abrahah pergi ke mekah وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ  
Allah mengutus sekelompok burung yang disebut burung ababil, burung ababil itu di bekali oleh allah berupa satu biji, satu biji batu yang berasal dari neraka, begitu persisi terbang diatas tentara bergajah abrahah lalu kemudian burung itu تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ
Melemparkan batu itu kearah abrahah beserta bala bantuannya, begitu dilemparkan batu yang dibawa burung ababil abrarhah dengan balatentara nya kaget, dan ingin melarikan diri tetapi mereka akhirnya tewas dengan sangat mengenaskan. Abrahah tidak hanya tewas bersama bala tentaranya tetapi di dalam alquran diceritakan
فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍۭ
Abrahah dengan bala bantuannya setelah dilemparkan batu oleh burung ababil mati seperti daun yang dimakan ulat ,Itu lah maknanya.
Pada tahun itu 12 rabiul awal menjelang subuh, melalui rahim seorang perempuan yang bernama Aminah, lahirlah seorang bayi laki –laki, dalam keadaan suci bersih dan tidak ada darah sedikit pun yang keluar dan menempel dijasad sang bayi, bayi itu keluar dalam keadaan terbungkus cahaya, begitu nabi lahir dia seperti orang yang tengkurap lalu kemudian nabi menadahkan keatas sambil mengangkat satu jari keatas,dan membaca Subhanallah walhamdulliah walailahailallah wallahuakbar, maka nabi muhammad SAW salah satu bayi yang diberkan rahmat oleh allah untuk bisa berbicara, bacaan yang dibaca nabi muhammad SAW
 “Subhanallah walhamdulliah walailahailallah wallahuakbar”
Itu adalah bacaan albakiatul salihah, bagi siapa yang membacanya satu kali Allah akan menumbuh kan satu pohon untuk dirnya disurga, albakiatul salihah merupakan amalan yang memiliki amalan yang terbaik disisi Allah,  wahairun amalan sebaik baik perbuatan sebaik baik amalan, maka dari itu marilah kita membaca albaikiatul salihah terutama sebagai pelajah bisa menyerap pelajaran dengan baik. Kata ulama besar Lombok, kita sebagai pelajar harus mempunya sebuah doa apapun doa itu, tidak boleh menjadi pelajar itu tidak punya doa, apapun doanya dan harus diamalkan secara rutin, karena dapat memdahkan apa yang dia pelajari, memuluskan otak, memahami pelajaran, apalagi jika otak kita agak sulit menerima pelajaran,dan menguatkan ingatan tentang apa yang dibaca, apa yang dideangar dan apa yang dia pelajari, jika kita rutin membaca doa itu, insyaalah pelajaran akan cepat masuk yang disampaikan oleh bapak ibu guru, itulah fungsi doa sebagai pelajar.
Selanjutnya, Nabi Muhammad SAW itu lahir, disamping terbungkus cahaya dan membaca albaikiatul salihah, Rasulullah lahir dalam keadaan sudah di khitan, seperti itulah cara Allah menjaga kemuliaan nabinya.dan ini semua dikatan irhas. Irhas adalah kejadian- kejadian yang luar biasa yang dialami calon nabi dan rosul,jadi para nabi dan rosul sebelum dia dewasa atau anak-anak dia diberikan kejadian – kejadian yang luar biasa yang tidak dialami bayi lainnya.
Begitu juga dengan Nabi Ibrahim. Ketika ia kecil Raja Namrud mendapatkan kabar dari salah satu peramalnya bahwa akan ada bayi yang akan lahir dan menghancurkannya pada saat itu juga, jam itu juga, menit itu juga, derik juga, dan hari itu juga. Dan pada saat itu Raja Namrud mengirim tentaranya untuk membunuh bayi laki-laki yang lahir saat itu, tetapi ibunda Nabi Ibrahim melahirkan secara sembunyi-sembunyi, setelah dilahirkan Nabi Ibrahim dibawa kesuatu gua, disanalah dia disembunyikan. Lalu irhas yang di berikan allha kepada Nabi Ibrahim ketika dia ingin meminum ASI ibunya dia menghisap jelmpolnya dan dari sana keluar air yang rasanya seperti ASI. Itulah irhas yang diberikan Allah pada Nabi Ibrahim.
Begitu Nabi Muhammad lahir kakek beliu, Abdulmutalib, beliau membawa nabi tawaf di ka’bah, dan memutar sebanyak tujuh kali. Setelah itu lah kakek nabi memberikannya nama Muhammad, Muhammad artinya orang yang terpuji, nama ini diberikan berdasarkan petunjuk dari Siti Aminah ketika masih mengandung Nabi Muhammad, diantara sadar atau tidak Siti Aminah didatangi malaikat, lalu malaikat berkata
“wahai aminah, yang kandung itu syaidul alamin atau pemimpin seru sekalian alam” itu lah perbedaan Nabi Muhammad dengan nabi nabi sebelumnya. Jika para nabi diutus untuk umatnya sendiri, sedangkan Nabi Muhammad diutus untuk umatnya seluruh alam. Allah berkata
 “ kami tidak akan pernah mengutus mu Muhammad, kecuali kami menginginaknmu menjadi rahmat bagi seru sekalian alam”
apa makna dari ramhatul alamin? Umat – umat nabi muhammad diberikan ampunan oleh allah tidak seperti umat-umat nabi terdahulu yang telah banyak dibinasakan oleh allah.
Seperti salah satu cerita nabi nuh, nabi nuh sudah berdakwah selama 950 tahun tetapi hanya 70 orang yang mengikutinya sehingga Allah mengirimkan azab berupa kiamat, kiamat kecil, yang membuat seluruh umat nabi nuh tenggelam kecuali dia dan umat yang mengikutinya mereka selamat dengan perahu yang dibuat oleh Nabi Nuh, dan bahkan putra dari Nabi Nuh sendiri mati ternggelam. Dan dari 70 orang yang selamat inilah manusia-manusia sekrang ini berasal, jika saja waktu itu tidak ada yang mengikuti Nabi Nuh mungkin sekarang tidak ada lagi yang namanya manusia.
Ada juga sebuah cerita, yaitu pada masa Nabi Lut dimana umat Nabi Lut banyak yang saling menyukai lawan jenisnya, laki-laki menyukai laki-laki dan wanita menyukai wanita.
Anak – anak ku sekalian, tadi bapak sekolah menceritakan tentang pengaruh hp, ada sebuah certita ada dua orang berpacaran melalui hp, karena saking cintanya mereka sampai – sampai berani memperlihatkan kemaluan masing masing. Sebenarnya dalam agama islam tidak diperbolehkan untuk saling berzina, orang – orang beriman tidak boleh melampaui batas, sepertii yang telah dikatakan.
Kembali lagi, pada saat Nabi Muhammad SAW kehilangan ibu dan kakeknya di mulai seirng diusir ketika melakukan dakwahnya, akhirnya dia memutuskan untuk pergi kesebuah desa dimana ibunya berasal, tetapi sama seperti ditempat-tempat lainnya bukannya beliau disambut dengan hangat malahan beliau diusir dengan lemparan batu oleh para penduduk. Namun beliau tetap sabar dan berdoa kepada Allah agar mengampuni para penduduk desa dimana ibundanya berasal.
Pada intinya maulid nabi ini, kita sebenarnya mengambil hikmah dari perilaku nabi muhammad SAW, dan dari hikmah tersebut kita harus bisa memperbaiki diri, mengubah yang sebelumnya salah menjadi benar dan menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.
Akhiru da’wana Walhamdulillahi Rabbil Alamin Wassalamuallaikum Wr. Wb.

Wassalamuallaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar