Senin, 04 April 2016

Naskah Film/ Drama Bertema Radikalisme : Aku dan Jihadku



Aku dan Jihadku
Tokoh Utama :
1.      Zakaria
2.      Mahesya
3.      Lina
4.      Ibu Zakaria
5.      Organisasi ISIS (orang 1)
Tokoh Pembantu
1.      Guru 1
2.      Bu Rini
3.      Algojo Bu Rini
SINOPSIS
Zakaria seorang anak SMA kelas dua, menjalani kehidupannya yang penuh cobaan demi membahagiiakan Ibunya. Namun, cobaan yang dia hadapi lama-kelamaan terus datang bertubi-tubi megahmpiri kehidupannya yang sejak awal sudah sengsara. Kejadian ketika ia melihat ibunya berlutut sambil menagis karena rumah yang disita membuat semua yang ada dalam diri Zakaria hancur, ia putus asa, tak tau harus bagaimana, ketika itulah seseorang datang menghampirinya, dan menjanjikan akan membantu ia mengembalikan kebahagiaan ibunya asalkan ia mau berjihad dijalan Allah bersama orang-orang yang menyebut diri mereka ISIS itu. Zakaria ia kosong itu, seakan terisi kembali dengan angan-angan membukakan pintu surga untuk ibunya dengan berjihad di jalan Allah. Namun, tragis jihadnya itu membawanya menjadi salah satu tersangka bom bunuh diri.
OPENING
 
Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak turut berperang) yang tidak mempunyai udzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta mereka dan jiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk, satu derajat. Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar. (QS. An-Nisaa`: 95)

Scene 1
Ibu                         :” Nak, ibu pesan sama kamu, kamu harus menjadi orang sukses. Ibu beri kamu izin untuk melanjutkan sekolahmu di sekolah negeri, SMA 1 Selong. Cuma satu yang ibu minta nak, rajinlah belajar dan kejar impianmu, sesulit apapun rintangan itu. Doa ibu selalu bersamamu nak”
Zakaria      :” Saya janji,bu. Saya tidak akan pernah mengecewakan ibu, kebahagiaan ibu adalah segalanya untuk saya, nasihat ibu adalah petunjuk saya dan senyuman ibu adalah hidup saya”
Ibu                                     :” iya nak ibu percaya sama kamu. Meski bapakmu meninggalkan kita, Allah selalu ada untuk kita nak, dan Ibu akan selalu ada untukmu nak.”( mengelus kepala anaknya).
Scene 2
Masih terngiang di ingatan Zakaria, percakapannya dengan sang ibu  1 tahun lalu. Ketika ia berjanji akan meraih mimpinya dan menjadi orang sukses, demi membahagiakan sang ibu apapun cara dan resikonya. Namun, hidup tak pernah berjalan seperti yang ia harapkan....
Zakaria      :” Assalamualaikum bu”
Guru          :”Waalaikumsalam......... Oh iya Zakaria, silahkan masuk nak”
Zakaria      :” Maaf bu, kata Sanji ibu memanggil saya?’
Guru          :” Iya, betul....duduklah, ada yang ingin ibu bicarakan dengan kamu”
Guru          :” mmmm....Jadi sebelumnya begini Zakaria, ibu mendapat laporan dari pihak TU, kalau kamu belum membayar tunggakan SPP selama 6 bulan apa iitu benar?”
Zakaria      :(tertunduk)” benar ibu”
Guru          :” sebagai wali kelasmu,apa ibu boleh tau apa alasannya?”
Zakaria      :” seperti yang ibu tau, keluarga saya dalam keadaan ekonomi yang serba kekurangan bu. Sebenarnya 3 bulan lalu saya berniat membayar SPP namun, tiba-tiba saja ada penagih  yang datang kerumah saya dan memaksa ibu saya untuk membayar hutang, mereka mengancam akan menggusur rumah saya jika kami tidak membayar hutang bu”
Guru          :” Bukankah, sekolah sudah memberikan bantuan untuk kamu nak”
Zakaria       :” Iya bu, tetapi itu semua tidak cukup terlebih lagi saya harus membayar uang kos saya yang belum lunas. Satu bulan ini pun ibu saya sering jatuh sakit, sehingga dia tidak bisa bekerja bu. Tapi bu alhamdulillah besok saya bisa membayar SPP walaupun untuk 3 bulan dulu.”
Guru          :” Ibu turut prihatin mendengar kabar tentang ibumu Zakaria,baiklah tidak apa-apa meski hanya untuk 3 bulan, sisanya nanti saya bicarakan dengan pihak TU kamu tenang saja, tapi..........karena peraturan sekolah ibu tidak ada pilihan lain selain memberikan kamu surat peringatan yang pertama.”
Zakaria      :” iya terimakasi bu.........kalau begitu saya permisi Assalamualaikum”
Guru          :” walaikum salam”
Scene 3
Mahesya    :( menatap laptop dengan serius)
Zakaria      :” Assalamualaikum Sa, lagi apa?”
Mahesya    :” Waalaikumsalam, eh? uwaaaaaa!!!(menutup laptop) Ya Allah ngagetin aja Za”
Zakaria      :” lagi ngeliatin apaan kok kayaknya serius sekali?”
Maheya      :” ah..i-itu biasa... lagi baca materi biologi buat ulangan besok..hahahaha”
Lina           :” atau lagi nonton film 18 ++ buat bekal masa depan?”
Mahesya    :” uwaaaaa!!! Sial nih anak, kapan nongolnya?”
Lina           :” Cih dasar cowok Hentai....oiya, Assalamualaikum Zakaria”
Mahesya    :” HAAAH? Apa kamu bilang cewek jelek?”
Zakaria      :” Waalaikumsalam Lin.......udah udah kalian stop bertengkar dong, nggak enak diliatin tuh”
Lina           :” oya guys, kalian udah baca berita belom tentang pengeboman di Jakarta itu?”
Mahesya    :” ah itu, aku juga udah liat, katanya lagi-lagi itu ulahnya ISIS. Menurut berita yang aku baca pengeboman itu ternyata bom bunuh diri, sedikitnya enam ledakan, dan juga penembakan di daerah sekitar Plaza Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.Total korbannya semua ada 7 orang.”
Lina           :” Aku bingung, buat apa sih mereka melakukan itu? Katanya Jihad sih? Tapi apa Islam mengajarkan kita berjihad dengan angkat senjata? Tidak bisakan mereka berjihad dengan menebar cinta dan perdamaian sebagaimana ciri khas Islam itu sendiri?”
Mahesya    :” yah, kita nggak tau jalan pikiran meraka itu seperti apa, yang jelas kita harus hati-hati, jangan sampai kita ikut-ikutan terpengaruh apalagi sekarang banyak beredar isu kalau organisasi-organisasi itu lagi mengincar remaja yang labil, ya kayak kita ini”
Zakaria      :” mmmm maaf tapi, dr tadi kalian ngomongin apa ya?”
Lina dan Mahesya:” huh?......hahahahaha”
Zakaria      :” kok kalian ketawa sih? Kasi tauu dong”
Lina           :” mangkanya baca berita dong, temenku yang ganteng.... ya udah ntar aku ceritain, tapi nanti ya, udah waktunya masuk nih, nanti Pak CP marah lagi kalo kita telat, ayok!!”
Scene 4
Keesokan harinya
Lina           ;” Sa coba liat deh ini berita”
Mahesya    :” Gafatar ( Gerakan Fajar Nusantara) sebuah organisasi kemasyarakatan yang dianggap sesat.....hah ada ada aja.......udalah nggak usah di pikirin, nggak penting”
Lina           :” nggak penting gimana? Ini penting tau!!!”
Mahesya    :” terserah deh, aku nggak peduli sama hal –hal berbau Radikalisme kayak gitu. Eh Zakaria tuh, kok murung gitu ada apa ya?”
Lina           :” Za....hei”
Mahesya    :” Za kenapa kok kamu nangis?”
Zakaria      :” kos-kosankku kemasukan maling Sa”
Lina           :” Ha gimana ceritanya?”
Zakaria      :” sepulang sekolah kemarin, aku sudah nemuin kalau kamar kosku di obrak-abrik, uang untuk bayar SPPku juga diambil, semua di ambil, hp, laptop, bahkan uang yang teman-teman sekelas kumpulkan untuk darmawisata minggu depan juga amblas. Aku harus gimana?”
Mahesya dan Lina :” ya Allah!!”
Zakaria      :” aku harus gimana sekarang?!! Aku bingung!! Kenapa musibah selalu saja menimpa aku!! Kenapa harus aku selalu aku!! Bagaimana aku bisa menjelaskan ini pada ibukku?”
Lina           :” Aku sama Mahesya bakal mikirin jalan keluar untuk uang darmawisata, dan lebih baik kalau kamu sampaikan secara baik-baik sama ibu kamu, dia pasti ngerti...sepulang sekolah nanti kami temani kamu kerumah ya, untuk bilang sama ibu kamu. Kami pasti bantu Za”
Zakaria      :” iya makasi”
Scene 5
Di rumah Zakaria, ternyata para algojo suruhan Bu Rini yang meminta uang pinjaman yang di pinjam Ibu zakaria dilunasi tengah membotong barang-barang  dari dalam rumah, sedangkan sang ibu hanya bisa menangis sambil bersujud memohon di bawah kaki Bu Riniagar memberinya waktu melunasi hutang Pemandangan itu telah membuat hati Zakaria hancur berkeping –keping.
Ibu                         :” tolong pak, saya mohon.......kasi saya waktu......jangan bawa barang-barang saya paaak tolong. Bu Rini tolong beri saya kesempatan saya mohon!!!”
Zakaria      :” Bu ada pa abu? Kenapa...rumah kita...di..”
Ibu                         :” kasihani kami Bu Rini saya mau tinggal dimana? Tolong satu minggu saja”
Bu Rini      :” waktu...waktu...waktu terus yang diminta! Uangnya kapan dilunasi? Kalo kerjanya Cuma minta minta udah jadi pengemis saja sana sama anakmu itu!’
Bu Rini      :” Kalau memang tidak mampu mengembalikan uang orang, jangan minjam dong bu. Saja jadi ikut berdosa, karena membiarkan ibu berdosa karena ngutang sama saya!!”
Zakariapun mengurungkan niatnya memberitau semua masalah yang tengan ia hadapi kepada ibunya, mengingat pemandangan yang melukai hatinya tadi, melihat sang ibu bersujud memohon di kaki orang. Kemudian berkat kebaikan hati salah satu pamannya, akhirnya ibu Zakaria diizinkan untuk tinggal selama apapun yang dia inginkan. Namun, satuhal yang jelas di telah membekas di hati zakaria, ia telah gagal membuat ibunya bahagia, ia telah gagal menepati janjinya.
Scene 6
Orang 1      :” Ada apa dek, termenung disini sendiri?”
Zakaria      :” saya lagi bertanya pada diri saya mas, apa lagi hal yang tersisa yang bisa saya lakukan untuk membahagiakan ibu saya? Satu mminggu ini, hal buruk selalu menimpa saya dan ibu saya, saya merasa putus asa mas, kenapa Allah memberikan cobaan yang begitu berat kepada saya dan ibu saya. Saya Cuma ingin membahagiakan ibu saya, tetapi apa? Yang saya bisa berikam hanya kesengsaraan untuk beliau”
Orang 1      :” Ada satu cara agar engkau bisa membahagiakan ibumu dunia akhirat dek, berjalanlah di jalan Allah, niscaya ibumu akan mendapatkan surga. Berjihad mungkin satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan ibumu”
Zakaria      :” anda tidak bohong kan? Kalau saya berjihat di jalan Allah saya pasti bisa membuat ibu saya masuk surga, semua itu benar kan?”
Orang 1      :” saya tidak bisa berkata apapun selain......Allah sendiri yang telah menjanjikan itu didalam alquran”
Zakaria      :” Mas tolong bantu saya, bantu saya berjihad di dajannya, untuk ibu saya apapun akan saya lakukan untuk kebahagiaannya, ibu saya adalah hidup untuk saya mas”
Orang 1      :” baiklah, besok datanglah ke tempat ini....kamu bagian dari kami sekarang. Assalamualaikun”
Zakaria      :” kalau boleh tau mas, “kami” yang mas makdukan apa?”
Orang 1      :” kamu pasti sudah sangan familiar mendengannamaini. Kami,..tidak kita..tergabung dalam suatu oraganisasi, kita adalah ISIS”
Semenjak pertemuannya dengan orang itu, Zakaria tidak pernah lagi muncul di sekolah setelah seminggu lamanya. Hal itu membuat Lina dan Mahesya curiga.
Lina           :” Sa gimana apa kata  buguru?’
Mahesya    :”Hmmmm.......Buguru bilang dia sudah coba-berkali-kali mengubungi rumah pamannya Zakaria, tapi belum berhasil juga, rencananya lusa Buguru mau pergi langsung ke rumah pamannya Zakaria....Argggh kemana sih tu anak!”
Lina           ;’..........”
Mahesya    :” Lin, kok bengong, apa ada yang buatkamu kepikirian? Aku bisa baca dari raut mukamu, jadi lebih baik cerita aja sama aku’
Lina           :’” Sebenernya Sa, aku denger desas desus, seminggu lalu ada yang melihat Zakaria ngomong sama bapak-bapak di taman kota, mereka bilang orang itu anggota ISIS yang lagi buron Sa.”
Mahesya    :” Husss,, gosip itu mah, jangan dipercaya.....aku nggak percaya Zakaria bakalan ikut yang kayak gitu, nggak mungkin!!!”
Lina           :” tapi kan nggak ada salahnya kita cari tau Sa.”
Mahesya    :” hmmm.......kalo gitu, kamu ada ide?”
Lina dan Mahesya mencoba menyelidiki motif menghilangnya Zakaria bersama. Dengan aksi yang agak nekat, mereka bahkan meminta bantuan dari pihak kepolisian untuk memberi info terkait organisasi Isis yang tengah dikabarkan berkeliaran di daerah lombok. Awalnya memang sulit, namun usaha takkan berbohong pada hasilnya.
Mahesya    :” Zakaria!!”
Zakaria      :” Kalian? Ngapain kalian disini?”
Mahesya    :” Eh brengsek seharusnya aku yang nanya, apa-apaan baju mu ini!! Ini apa???( memegang bed bertuliskan ISIS di tangan kanan Zakaria)”
Zakaria      :” ini kebangganku sekarang Sa, udah aku nggak mau cekcok sama kamu, mending kalian pergi”
BUAAAK....Mahesya meninju Zakaria, telak di wajah.
Mahesya    :” Sadar Za!! Sadar!! Apa yang kamu lakuin ini salah Za!!”
Zakaria balik meninju Mahesyam tapi kali ini duakali dipat yang langsung membuat Mahesya tersungkur ke tanah.
Lina           :” Zakaria, tolong cukup. Kamu kenapa Za? Kemana Zakaria Sukmana yang kami kenal? Kenapa kamu harus terjerumus bersama mereka Za?’
Zakaria      :” Ini jalan yang aku pilih Lina, aku lakukan ini demi ibuku tercinta. Dengan aku berjihad di jalan Allah, aku telah membukakan pintu surga untuk ibuku”
Lina           :” Jihad? Apa dengan  berjihad seperti ini ibumu akan bahagia!!”
Zakaria      :” Tentu!! Pasti!! Allah sendiri yang menjanjikannya dalam AlQuran”
Lina           :” Tapi apakah Allah meminta kita melakukannya dengan jalan kekerasan? Nggak Za...nggak!! ini( mengambil buku dan pulpen dari tas) dengan ini kamu harusnya bejihad Za, dengan ilmu, dengan sekolah, dengan menjadi orang sukses!! Baru kamu bisa membahagiakan ibumu!!”
Zakaria      ;( mengambil buku dari tangan Lina, merobeknya dan menarik kerah Lina sambil berteriak)” Memangnya kamu tau apa?!!!!”
Mahesya    :” Stop Za!! Udah gila apa kamu?”
Zakaria      :” Gila? Hahahahahaha? KALIAN YANG GILA!!! Ilmu? Sekolah? Apa itu semua bisa buat ibuku bahagia? Malah sebaliknya!! Itu yang membuat ibuku menderita!! Katanya sekolah gratis, tapi SPP terus di tarik dari siswa, belum lagi uang pembangunan, uang imtaq sumbangan segala macem!!! Aku bukan anak orang berkecukupan seperti kalian yang tinggal menengadahkan tangan seperti pengemis kepada orang tua kalian lalu mendapat uang.  Berpoya-poya dengan segala harta. Tapi aku dan ibuku.....kami selalu menderita, karena kami miskin kami selalu dikucilkan.....ibuku tidak pernah bahagia selama hidupnya, tidak pernah bisa seperti orang tua kalian yang bisa naik mobil, beli baju baru, makan di restoran mahal. Ibuku bahkan memikirkan uang makan untuk hari kemudian saja susah!!! “
Mahesya    :” Bukan begitu Za”
Zakaria      :” Bukan apa? Kalian menyuruh aku kembali kesekolah dimana hanya ada orang-orang yang menganggap aku pencuri padalah aku yang jadi korban, hanya karena aku miskin.....seenaknya aku dituduh mencuri.”
Zakaria menghela napas lelah, hening sejenak kemuadian ia berbalik arah hendak pergi.
Lina:” Za tolong, aku mohon........jalanmu salah Za, itu bukan jalan yang benar”
Zakaria            :” DIAAAM!!! Jangan lagi kalian bicara atau.....( menodongkan senjata).....kalian tidak akan pernah mengerti sekuat apaun kalian coba untuk mengerti, dunia ini sudah tidak ada lagi cinta yang hanya ada dusta. Ini jalan yang aku pilih.....orang menghalangi jalanku akan aku habisi..bahkan kalian sekalipun”
Mahesya          :” Baiklah kalau memang itu maumu, tapi satu hal Za.......aku yakin ibumu akan menagis mendengar hal ini”
Zakaria            :” hmmm, terserah kalian mau berkata apa  tapi ini takdirku......Aku dan Jihadku”
Kemudia Zakaria pergi berlalu meninggalkan kedua temannya tanpa menoleh kebelakang sedikitpun. Semenjak hari itu mereka tidak pernah bertemu Zakaria kembali namun 4 hari kemudia, terjadi pengeboman di 4 kota secara bersamaan di Pulai Jawa, bom buhun diri, dan salah satu pelaku bom itu adalah....Zakaria.
Ending
Zakaria :” Ya Allah aku lakukan ini demi ibuku, demi membahagiakannya Ya Allah, aku memang tak bisa membahagiakannya di dunia.....tapi berikanlah ia jalan masuk menuju surga dengan jihadku ini Ya Allah...ALLAHUAKBAR!!!!”


GUBAHAN : R2

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. * KUNJUNGI SITUS KAMI DI *

    WWW.ID303.INFO


    MENANG BERAPAPUN, PASTI KAMI BAYAR !!! *


    * Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop :

    - WA : 08125522303
    - BBM : CSID303



    Sabung Ayam 168 Download Aplikasi Android S128


    Agen Bola Online Sbobet


    www.gorengayam.live

    BalasHapus
  3. Hanya 1 USER ID Bisa Main Semua Game Ini.

    LIVE CASINO
    SPORTBOOK
    POKER
    SABUNG AYAM
    TANGKAS
    SLOT GAMES
    BATU GONCANG
    NUMBER GAME

    HOT PROMO CANDI4D :

    Bonus New Member 10%
    Bonus Deposit HARIAN 10%

    BONUS Candi4D :

    Bonus 1 Minggu Sekali!!!
    Bonus Rollingan up to 0.8% ( Casino )

    Bonus 2 Minggu Sekali!!!
    -Bonus Rollingan Sport 0.3%
    -Bonus Rollingan Poker 0.3%
    -Bonus Rollingan Sabung Ayam 0.3%
    -Bonus Rollingan Tangkas 0,3%
    -Bonus Rollingan Slotgame 0,3%

    BONUS CASHBACK ( SETIAP HARI SENIN )

    -Bonus CashBack up to 15% ( Games & Tangkas )
    -Bonus CashBack up to 15% ( Sportbook )
    -Bonus CashBack up to 15% ( Sabung Ayam )

    BONUS REFERRAL

    -Bonus Referral Togel :
    –4D & COLOK : 1%
    –2D & 3D : 0.5%
    -Bonus Referal up to 2% ( Sportbook & Sabung Ayam )

    Discount TOGEL untuk Pasaran :
    SENTOSA 4D – SENTOSA TOTO – SINGAPORE – FINLANDIA
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.50% , 2D : 29.50%

    SYDNEY – HONGKONG
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.00% , 2D : 29.00%


    Min Depo : Rp 25.000,-
    Min WD : Rp 50.000,-


    BURUAN GABUNG SEKARANG!!!
    BANJIR PROMO DAN HOKKI PASTINYA!! :)

    Hubungi kami sekarang ^__^
    Whatsapp : +6283161896682
    Line : CANDI_4D
    Instagram : cscandi4djitu

    WWW.CANDIJITU.COM
    Pelayanan 24 jam online :)

    BalasHapus
  4. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik

    BANDAR TOGEL ONLINE TERBAIK MINIMAL DEPOSIT Rp.25000

    MBO128 sebagai situs togel online terbaik akan memfasilitasi anda untuk bermain dan daftar togel online. Game togel online ini selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta permainan judi togel di Indonesia.

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/togel

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus